PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPIT DAARUL ‘ILMI BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

AJI , MARHABAN BIDZIKRILLAH MSK (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPIT DAARUL ‘ILMI BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (210Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1580Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1422Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi peserta didik kelas VIII SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandarlampung. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) penilaian pembelajaran, dan 4) peningkatan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil belajar. Data penelitian berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang dinilai dengan APKG 1, kegiatan pembelajaran yang dinilai dengan APKG 2, dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan yang terjadi terdapat pada 1) perencanaan pembelajaran pada prasiklus mendapat nilai 66,25 dalam kategori kurang, mengalami peningkatan pada siklus I mendapat nilai 73,75 dalam kategori cukup, dan meningkat pada siklus II memperoleh hasil penilaian sebesar 88,75 dalam kategori baik, 2) pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai 75,2 dalam kategori cukup, sedangkan pelaksanaan pembelajaran siklus II memperoleh nilai 89,95 dalam kategori baik, 3) penilaian pembelajaran pada prasiklus memperoleh rata-rata 69, meningkat pada siklus I dengan memperoleh rata-rata 75,1 dalam kategori tuntas, dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,7 dalam kategori tuntas, (4) kegiatan pembelajaran secara keseluruhan apabila dilihat dari hasil penilaian penyusunan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran siklus II lebih baik daripada siklus I dan prasiklus. Kata kunci: kemampuan menulis, teks eksplanasi, Problem Based Learning The problem in this study is the low ability to write explanatory texts for class VIII students of SMPIT Daarul 'Ilmi Bandarlampung. Therefore, this study aims to describe and improve 1) lesson planning, 2) learning implementation, 3) learning assessment, and 4) increasing learning to write explanatory texts using the Problem Based Learning model. This study used a class action design consisting of two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data collection techniques are carried out through observation and learning achievement tests. The results of the study showed an increase. The increase that occurred was in 1) pre-cycle learning planning scored 66.25 in the less category, experienced an increase in cycle I scored 73.75 in the sufficient category, and increased in cycle II obtained an assessment result of 88.75 in the good category, 2) the implementation of learning in cycle I obtained a value of 75.2 in the sufficient category, while the implementation of learning in cycle II obtained a value of 89.95 in the good category, 3) the learning assessment in pre-cycle obtained an average of 69, increased in cycle I by obtaining an average an average of 75.1 in the complete category, and an increase in cycle II obtained an average value of 83.7 in the complete category, (4) learning activities as a whole when viewed from the results of the assessment of the preparation of learning plans, implementation of learning, and learning assessment of cycle II are more better than cycle I and precycle. Keywords: writing ability, explanatory text, Problem Based Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301180805 . Digilib
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:59
Terakhir diubah: 04 Aug 2023 08:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir