PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK

Murih , Rahayu (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI STEM UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3371Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3249Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

e-LKPD berbasis masalah terintegrasi STEM menjadi solusi perkembangan era digital. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kritis dan komunikasi peserta didik. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D). Desain pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, angket uji validitas, angket uji keterlaksanaan, instrumen soal berpikir kritis, instrumen komunikasi, serta respon peserta didik terhadap keefektifan e-LKPD berbasis masalah terintegrasi STEM. Pada uji kevalidan yang telah dilakukan, e- LKPD dinyatakan valid dengan hasil validasi konstruk rata-rata persentase 87% dan validasi isi rata-rata persentase 88%. Hasil uji kepraktisan yang ditunjukkan rata-rata persentase keterbacaan 90% dengan kriteria sangat baik, dan kemudahan penggunaan yaitu sebesar 85% dengan kriteria sangat baik dan respon positif peserta didik. Keefektifan yang ditunjukkan oleh hasil uji paired t-test dan uji n- gain. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig 2-tailed 0,000 (< 0,005) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai hasil pretest dan posttes pada keterampilan berpikir kritis dan keterampilan komunikasi peserta didik, sehingga dapat dinyatakan bahwa e-LKPD berbasis masalah terintregasi STEM yang dikembangkan efektif. Kata Kunci: e-LKPD , Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Komunikasi, Problem Based Learning, STEM. Problem-based STEM integrated e-worksheet is a solution for the digital era development. This research aims to examine the critical thinking and communication skills of students. The research method used in this study is research and development (R&D). The development design refers to the ADDIE instructional development model which consists of five stages, namely analyze, design, development, implementation, and evaluation. The data collection instruments used in this study include a needs analysis questionnaire, a validity test questionnaire, a feasibility test questionnaire, critical thinking questionnaires, communication instruments, and student responses to the effectiveness of problem-based STEM integrated e-worksheet. The results of this research show that the problem-based STEM integrated e-worksheet is valid, practical, and effective in the learning process. In the validity test that has been conducted, the e-worksheet is declared valid with an construct validation of 87% and an percentage of content validation of 88%. The students' response with score of 85%. The analysis of the critical thinking and communication skills trained obtained a score of 85% with a highly trained category. The effectiveness by the results of the paired sample t-test sig 2-tailed 0,000 (< 0.005), indicating a significant difference between the pretest and posttest scores in critical thinking skills and communication skills of the students. Therefore, it can be concluded that the problem-based STEM-integrated e-LKPD (Learning and Teaching Materials) developed is effective. Keywords: e-worksheet, Critical Thinking Skills, Communication Skills, Problem-Based Learning, STEM.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301307440 . Digilib
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:28
Terakhir diubah: 07 Aug 2023 06:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74178

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir