AJENG, DIANA PUTRI (2023) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GUGUS R.A KARTINI KECAMATAN METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1679Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (1501Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik, lingkungan belajar sekolah yang belum optimal dan peserta didik yang belum memiliki motivasi belajar tinggi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hubungan lingkungan belajar sekolah dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD, (2) hubungan motivasi dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD, (3) hubungan lingkungan belajar sekolah dengan motivasi belajar peserta didik kelas IV SD, (4) hubungan lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 173 peserta didik dengan penentuan sampel dengan teknik random sampling yang berjumlah 64 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi untuk variabel Y dan kuisioner (angket) skala likert untuk mengumpulkan data X1 dan X2. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Kesimpulan hasil (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar sekolah dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,464, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,668, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan lingkungan belajar sekolah peserta didik kelas IV SD dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,539, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar sekolah dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SD dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,686 berada pada taraf “kuat.” Kata Kunci: hasil belajar IPS, lingkungan belajar sekolah, motivasi belajar. The problem in this study was students' low social studies learning outcomes, the school learning environment that could be more optimal, and students who still need high learning motivation in the learning process. The purpose of this study was to find out (1) the relationship between the school learning environment and social studies learning outcomes of fourth grade elementary school students, (2) the relationship between motivation and social studies learning outcomes of fourth grade elementary school students, (3) the relationship between school learning environment and students' learning motivation class IV SD, (4) the relationship between the school learning environment and learning motivation with social studies learning outcomes for students in class IV SD. This type of research is quantitative with the method of ex-post facto correlation. The population consisted of 173 students and the sample was determined using a random sampling technique with a total of 64 students. The data collection technique uses a documentation study for variable Y and a Likert scale questionnaire (questionnaire) to collect data X1 and X2. Data analysis techniques use product moment correlation and multiple correlation. The conclusions of the results (1) there is a positive and significant relationship between the school learning environment and the learning outcomes of students in class IV SD with a correlation coefficient of 0.464, (2) there is a positive and significant relationship between learning motivation and the learning outcomes of students in class IV SD with a correlation coefficient value of 0.668, (3) there is a positive and significant relationship between learning motivation and the school learning environment of fourth grade elementary school students with a correlation coefficient value of 0.539, (4) there is a positive and significant relationship between the school learning environment and motivation learning with IPS learning outcomes of fourth grade elementary school students with a correlation coefficient value of 0.686 is at the "strong" level. Keywords: learning motivation, social studies learning outcomes, the school learning environment.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2301741155 . Digilib |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 08:01 |
Terakhir diubah: | 07 Aug 2023 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74197 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |