ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO

YOJA , ASTI FAHLIZA (2023) ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI SE GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah pada penelitian ini adalah pendidik yang belum menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar di dalam pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan keterampilan dasar mengajar pendidik, hambatan, serta solusi untuk mengatasi hambatan dalam menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar di SD Negeri se Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik dan peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik di SD Negeri se Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pendidik sudah mampu menerapkan 8 keterampilan dasar mengajar di dalam pembelajaran namun, ada beberapa hambatan yang dialami oleh pendidik. Hambatan yang dialami oleh pendidik yaitu kesulitan untuk menerapkan keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengelola kelas. Solusi yang diberikan oleh pendidik yaitu pendidik mengulang untuk menyampaikan materi agar peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan, pendidik juga menggunakan ice breaking di dalam pembelajaran supaya siswa tidak cepat merasa bosan. Kata kunci: hambatan, keterampilan dasar mengajar, solusi The problem in this study was that educators have not applied 8 basic skills of teaching in learning. This study aims to analyze and describe the basic teaching skills of educators, obstacles, and solutions to overcome obstacles in applying the 8 basic teaching skills in public elementary schools in the cluster of Doctor Wahidin Sudiro Husodo. This study uses a qualitative method. Sources of data in this study are educators and students. The subjects in this study were educators at public elementary schools in the Doctor Wahidin Sudiro Husodo. Data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation. The results showed that most educators were able to apply the 8 basic teaching skills in learning, however, there were some obstacles experienced by educators. Obstacles experienced by educators are difficulties in applying explaining skills and classroom management skills. The solution provided by educators is that educators repeat to convey material so students can understand the material presented, educators also use ice breaking in learning so students don't get bored quickly. Keywords: basic teaching skills, obstacles, solutions

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301328859 . Digilib
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:34
Terakhir diubah: 08 Aug 2023 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74284

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir