SATIKA , WULANDARI (2023) PEMAHAMAN GURU DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (684Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2374Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2052Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kedisiplinan siswa belum tertanam dilihat dari perilaku siswa yang datang kesekolah tidak tepat waktu, membuang sampah tidak pada tempatnya dan belum pahamnya siswa dalam menerapkan sikap disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru dalam menanamkan kedisiplinan pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 259 guru se-Kecamatan Kemiling Kota Bandar Lampung Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random sampling atau teknik acak sebanyak 56 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif menggunakan rumus interval dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebagian besar guru dalam menanamkan kedisiplinan anak usia dini di Kecamatan Kemiling berada pada kategori baik dengan jumlah 25 guru dalam persentase (45%) Guru yang memiliki pemahaman dalam dimensi peraturan berada pada katagori baik dengan jumlah 25 guru (45%), dimensi kebiasaan-keniasaan berada pada kategori sangat baik dengan jumlah 28 guru (50%), pada dimensi hukuman dalam kategori baik dengan jumlah 39 guru (70 %), dimensi penghargaan berada pada kategori baik dengan jumlah 22 guru (39 %), dan dimensi konsistensi berada dalam kategori sangat baik dengan jumlah 23 guru (41 %). Kata kunci: anak usia dini, guru dan kedisiplinan Student discipline has not been embedded as seen from the behavior of students who do not come to school on time, dispose of trash in the wrong place and do not understand students in applying discipline. This study aims to describe teachers' understanding of instilling discipline in early childhood. This research uses a type of quantitative research with descriptive methods. The population in this study were 259 teachers in Kemiling District, Bandar Lampung City. The research sample was taken using a random sampling technique or random technique as many as 56 respondents. The data collection technique used is a questionnaire. Data analysis used is descriptive analysis using interval and percentage formulas. The results showed that the majority of teachers in instilling discipline in early childhood in Kemiling District were in the good category with a total of 25 teachers in percentage (45%). the habit dimension is in the very good category with a total of 28 teachers (50%), the punishment dimension is in the good category with a total of 39 teachers (70%), the reward dimension is in the good category with a total of 22 teachers (39%), and the dimensions consistency is in the very good category with a total of 23 teachers (41%). Keywords: early childhood, teacher and discipline.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini |
Pengguna Deposit: | 2301558088 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 06:57 |
Terakhir diubah: | 08 Aug 2023 06:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74297 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |