IDENTIFIKASI PERSEBARAN AI, DENSITAS, POROSITAS DAN Sw MENGGUNAKAN DATA SUMUR DAN SEISMIK PADA UMUR OLIGOSEN AWAL HINGGA MIOSEN AKHIR, BLOK MADURA TIMUR LAUT, CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA

ALDA, MEILINDA (2023) IDENTIFIKASI PERSEBARAN AI, DENSITAS, POROSITAS DAN Sw MENGGUNAKAN DATA SUMUR DAN SEISMIK PADA UMUR OLIGOSEN AWAL HINGGA MIOSEN AKHIR, BLOK MADURA TIMUR LAUT, CEKUNGAN JAWA TIMUR UTARA. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (324Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL .pdf
Restricted to Hanya staf

Download (23Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kondisi reservoar pada setiap lapangan memiliki sifat fisik dan karakteristik yang berbeda tergantung dari sejarah geologi dan material penyusunya. Hal inilah yang mengakibatkan eksplorasi sumber daya migas terus dilakukan untuk menemukan cadangan-cadangan lainnya. Salah satu wilayah yang memiliki potensi dan sudah terbukti memiliki cadangan minyak dan gas bumi, yaitu Cekungan Jawa Timur Utara. Cekungan ini merupakan salah satu penghasil hidrokarbon minyak dan gas dari reservoar Tersier. Zona produktif karbonat Oligosen-Miosen pada Cekungan Jawa Timur Utara sebagai penghasil minyak dan gas bumi telah terbukti sejak tahun 1990. Seismik inversi impedansi akustik digabungkan dengan analisis petrofisika merupakan metode yang dapat menggambarkan geologi bawah permukaan berdasarkan resolusi vertikal dan lateral yang kemudian diperoleh peta sebarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persebaran nilai impedansi akustik dan properti petrofisika (densitas, porositas, dan Sw) serta zona potensial reservoar pada Blok Madura Timur Laut, Cekungan Jawa Timur Utara. Penelitian ini menggunakan 2 data sumur (SG-1 dan JS26-1) serta 9 lintasan data seismik 2D postack. Hasil analisis petrofisika mengindikasikan bahwa unit target merupakan zona produktif jika memiliki porositas >10%. Berdasarkan hasil analisis seismik inversi menyatakan bahwasanya pada umur Oligosen Awal hingga Miosen Akhir berlitologi karbonat dengan nilai impedansi high impedance > 9000 (m/s)*(g/cc), densitas > 2.15 g/cc, porositas < 20%, dan Sw > 10% merupakan tight carbonate, serta low impedance < 9000 (m/s)*(g/cc), densitas < 2.15 g/cc, > porositas 20%, dan Sw < 10% merupakan porous carbonate. Peta persebaran impedansi akustik dan properti petrofisika (denistas, porositas, dan Sw) menunjukkan bahwasanya zona potensial reservoar mengarah pada arah selatan penelitian dengan kandungan fluida reservoar berupa minyak dan gas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301290962 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:06
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 06:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74368

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir