KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

QISTYN, 1953041005 (2023) KONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (1309Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1366Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1270Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah konflik sosial dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk konflik sosial yang ada di dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan data berupa kutipan kalimat dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Sumber data penelitian diperoleh dari novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan menggunakan metode baca-catat. Metode ini diterapkan dengan membaca novel, mengidentifikasi, mengklasifikasikan hingga mengambil kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk konflik sosial yang ada di dalam novel tersebut, yaitu konflik pribadi, konflik budaya, dan konflik politik. Konflik-konflik tersebut dipicu oleh faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal perasaan merasa hina, tidak puas, amarah, kekecewaan, kecemburuan, dan rasa bersalah pada akhirnya mempengaruhi lahirnya sebuah konflik. Tak hanya itu, faktor eksternal seperti perbedaan pandangan, kepentingan, kebudayaan dan perubahan sosial juga menjadi akar terbentuknya konflik. Keberadaan konflik-konflik dalam novel ini membuat cerita menjadi lebih kaya akan pesan-pesan moral. Hasil penelitian ini diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI yang menggunakan kurikulum merdeka, dalam bentuk modul ajar. Modul ini dikaitkan pada materi Mengembangkan Apresiasi Prosa Bertema Lingkungan yang dikhususkan untuk sub materi menulis prosa. Kata kunci: analisis konflik sosial, pembelajaran menulis prosa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2301596725 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:51
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74387

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir