PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK

RO’AYATUL , HIDAYAH (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (378Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4054Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3601Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menghasilkan video pembelajaran powtoon pada pembelajaran yang memenuhi kriteria valid dan praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi baris dan deret aritmatika dan geometri. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan model ADDIE tahapannya melalui tahap analyze, tahap design, tahap development, tahap implement dan tahap evaluate. subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA Ma’arif Roudlotut Tholibin, menggunakan desain penelitian pretest-postest dengan sampel peserta didik kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan XI excellent sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, angket dan tes yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji-t terhadap peningkatan (N-gain) kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh 0.000<0.05, sehingga video pembelajaran powtoon efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran powtoon yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: powtoon, kemampuan pemecahan masalah matematis. This research is a development research that aims to describe the process and produce powtoon learning videos in learning that meet valid and practical criteria and are effective in improving mathematical problem solving abilities in the material of arithmetic and geometric lines and series. The research design uses the ADDIE model research and development design, the stages are through the analyze stage, the design stage, the development stage, the implement stage and the evaluate stage. The subjects of this study were students of class XI MA Ma’arif Roudlotut Tholibin, using a pretest-posttest research design with a sampel of students from class XI IPA as the experimental class and XI excellent as the control class. Data collection techniques in this study included interviews, questionnaires and tests which were then analyzed descriptively qualitatively and quantitatively. The results of the t-test on the increase (N-gain) of mathematical problem solving abilities were obtained 0.000<0.05, so that powtoon learning videos are effective in increasing students’ mathematical problem solving abilities. So, it can be concluded that the powtoon learning media that had been developed met the valid, practical and effective criteria in improving mathematical problem solving abilities. Keywords: Powtoon, mathematical problem solving ability.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301997229 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 09:38
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 09:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74396

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir