DETEKSI TANAMAN VANILI (Vanilla planifolia Andrews) TAHAN ASAM FUSARAT BERBASIS KARAKTER AGRONOMIS, ANATOMIS DAN ENZIM PEROKSIDASE

RATNA , OKTAVIANI (2023) DETEKSI TANAMAN VANILI (Vanilla planifolia Andrews) TAHAN ASAM FUSARAT BERBASIS KARAKTER AGRONOMIS, ANATOMIS DAN ENZIM PEROKSIDASE. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1910Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2518Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2519Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Vanili (Vanilla planifolia Andrews) sebagai salah satu tanaman yang banyak dibutuhkan dalam beberapa bidang industri. Indonesia dapat menghasilkan 1.456 ton vanili tetapi hasil ini tidak memenuhi kebutuhan pasar sepenuhnya karena vanili cukup rentan dengan penyakit yang membuat hasil panen tidak berlimpah. Busuk batang salah satu penyakit yang rentan menyerang tanaman vanili yang disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum f.sp vanillae. Salah satu cara untuk mengendalikan penyakit ini dengan menyeleksi tanaman vanili melalui pengimbasan asam fusarat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) karakter agronomis pada tanaman vanili hasil seleksi asam fusarat, (2) karakter anatomis pada tanaman vanili hasil seleksi asam fusarat, dan (3) aktivitas enzim peroksidase pada tanaman vanili yang diberi asam fusarat dengan konsentrasi 0 ppm, 115 ppm, 125 ppm, dan 135 ppm. Perlakuan yang diberi asam fusarat menunjukan hasil lebih baik dibandingkan dengan kontrol. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan satu faktor, yaitu penambahan asam fusarat dengan konsentrasi 0 ppm, 115 ppm, 125 ppm, dan 135 ppm. Data yang dihasilkan kemudian dianalisis menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilakukan uji lanjut dengan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Hasil dari penelitian ini didapatkan karakter (1) agronomis terbaik pada jumlah akar dan panjang akar dengan konsentrasi 135 ppm, sedangkan untuk berat kering yang terbaik pada konsentrasi 125 ppm. (2) anatomis yang tertinggi pada konsentrasi 135 ppm, dan (3) aktivitas enzim peroksidase yang tertinggi pada konsentrasi 135 ppm seiring dengan meningkatnya konsentrasi asam fusarat. Kata kunci: Vanilla planifolia, asam fusarat, Fusarium oxysporum, in vivo, busuk batang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2301350078 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:58
Terakhir diubah: 10 Aug 2023 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74425

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir