FITRI , OKTARIA PIRMA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3022Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3033Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk e-modul berbasis etnomatematika yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Prosedur penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate). Penelitian dilakukan di SMP 33 Bandar Lampung kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi, angket kuisioner, tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t. Berdasarkan analisis data hasil validasi ahli media dan materi didapatkan rata-rata skor 91,6% dan 81,9% dengan kriteria sangat valid, serta hasil tanggapan guru dan siswa tentang kepraktisan e-modul berbasis etnomatematika diperoleh rata-rata skor 81,5% dan 87,6% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil uji-t terhadap peningkatan (N-gain) kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh , sehingga emodul berbasis etnomatematika efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis etnomatematika memenuhi kriteria valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: E-modul, Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis This research is a development research which aims to develop teaching materials in the form of e-modules based on ethnomathematics that are valid, practical, and effective to improve students' mathematical problem solving abilities. The research design uses a research design that is pretest-posttest control group design. The research procedure refers to the steps of the ADDIE development model (analyze, design, develop, implement, and evaluate). The research was conducted at SMP 33 Bandar Lampung class VIII even semester of the 2022/2023 academic year. Data collection techniques in this study included interviews, observations, questionnaires, tests of students' mathematical problem solving abilities. The data analysis technique used is descriptive statistics and t-test. Based on the data analysis of the validation results of media and material experts, the average value was 94.4% and 83.3% with very valid criteria, as well as the results of teacher and student responses regarding the practicality of ethnomathematics-based e-modules obtained an average score of 86.1%. and 90.7% with very practical criteria. Based on the results of the t-test on increasing (N-gain) mathematical problem solving abilities, it was obtained 0.000 <0.05, so that the ethnomathematics-based emodule is effective in increasing students' mathematical problem solving abilities. So, it can be concluded that ethnomathematics-based e-modules meet the valid, practical, and effective criteria for improving students' mathematical problem solving abilities. Keyword: E-module, Ethnomatematics, Mathematical Problem Solving Ability
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301864544 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:41 |
Terakhir diubah: | 10 Aug 2023 07:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74443 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |