PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

AHMAD , ABDUL AZIZ (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1633Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1211Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis flipbook maker untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini mengacu pada desain penelitian Research and Develement menggunggunakan model ADDIE (Analiyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate), Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMK Pesantren Bustanul’Ulum Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023. Rancangan penelitian yang digunakan dalam uji coba produk penelitian PretestPosttest Control Gurup Design. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, pemberian angket, dan tes kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian ini menunju bahwa e-modul berbasis flipbook maker yang dikembangkan terkatagori valid menurut ahli dengan rata-rata nilai 80% praktis bedasarkan penilaian peserta didik dengan guru dengan masing-masing nilai 87%. Selain itu, hasil uji efektifitas e-modul berbasis flipbook maker termasuk dalam katagori sedang, jika dilihat dari nilai gain sebesar 0,54% dengan demikian dapat disimpulkan valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci: E-Modul, Flipbook Maker, Kemampuan Berpikir Kreatif. This development research aims to produce flipbook maker based e-modules to improve students creative thinking skills. This study refers to the Research and Development research design using the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). The subjects in this study were class X students at the Bustanul'Ulum Islamic Boarding School, Lampung Tengah, for the 2022/2023 academic year. The research design used in the Pretest Posttest Control Gurup Design research product trials. The research data was obtained through interviews, questionnaires, and tests of creative thinking skills. The results of this study indicate that the flipbook maker based emodule developed is categorized as valid according to experts with an average practical score of 80% based based on the assessment of students and teachers with their respective scores 87%. In addition, the results of the flipbook maker based e-module effectiveness test are included in the moderate category, when viewed from a gain value of 0.54%, it can be concluded that they are valid, practical, as well as effective for improving students creative thinking skills. Keywords: E-Module, Flipbook Maker, Creative Thinking Ability

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301613223 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:14
Terakhir diubah: 10 Aug 2023 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74448

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir