NURHUDAWATI, 2123021015 (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2430Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2337Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan produk pengembangan LKPD berbasis pendekatan problem based learning yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitisn dan pengembangan Bord & Gall (Penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk awal, uji coba lapangan awal atau validasi,revisi, dan Uji coba lapangan). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sekincau Semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Deskripsi penelitian pengembangan yang digunakan adalah pre-post control group design. Intrumen yang digunakan untuk memperoleh data meliputi lembar observasi, lembar angket, dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis peningkatan kemampuan literasi matematis, analisis perbedaan kemampuan literasi matematis (Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji-t), dan analisis kemampuan literasi matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis yang valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penilaian validator menggunakan produk hasil pengembangan valid, praktis dan efektif meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik serta produk dinilai menarik berdasarkan penilaian guru dan tanggapan peserta didik. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Model PBL, Kemampuan Literasi Matematis This research is a development research that aims to describe the process and product of problem-based learning worksheet development that meet valid, practical and effective criteria in improving mathematical literacy skills. The research design used Bord & Gall's research and development design (research and data collection, planning, development of initial product drafts, initial field trials or validation, revisions, and field trials). The subjects of this study were class VIII students of SMP Negeri 1 Sekincau, even semester of the 2022/2023 academic year. The description of the development research used was the pre-post control group design. The instruments used to obtain data include observation sheets, questionnaires, and tests. The analysis used is an analysis of increasing mathematical literacy skills, an analysis of differences in mathematical literacy abilities (Normality Test, Homogeneity Test, and t-test), and an analysis of students' mathematical literacy abilities. The results of the study show that problem-based learning worksheets are used to improve mathematical literacy skills which are valid, practical and effective. Based on the results of the validator's assessment, the products developed were valid, practical and effective in improving students' mathematical literacy skills and the product was considered attractive based on the teacher's assessment and students' responses. Keywords: Student Worksheets (LKPD), PBL Models, Mathematical Literacy Ability
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301013189 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 07:49 |
Terakhir diubah: | 10 Aug 2023 07:49 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74454 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |