TINDAK TUTUR DALAM NOVEL HARAPAN DARI TEMPAT PALING JAUH KARYA INGGRID SONYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SITI , MUTOHAROH (2023) TINDAK TUTUR DALAM NOVEL HARAPAN DARI TEMPAT PALING JAUH KARYA INGGRID SONYA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dalam novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya serta implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung yang terdapat dalam novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung pada tindak ilokusi yang terdapat dalam novel yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Harapan dari Tempat Paling Jauh karya Inggrid Sonya terdapat tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung dengan jenis tindak tutur asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Tindak tutur langsung yang ditemukan sebanyak 163 dan tindak tutur tidak langsung sebanyak 34 data. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA pada teks novel dalam bentuk bahan ajar berupa LKPD dengan kompetensi dasar 3.9 dan 4.9 kelas XII SMA semester genap. Kata Kunci: tindak tutur, ilokusi, dan pembelajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301887482 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:45
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 01:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74472

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir