PENGARUH FREKUENSI PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN

Aidita, Kirana (2023) PENGARUH FREKUENSI PENGGUNAAN GAWAI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1515Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1168Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi penggunaan gawai terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan two-stage cluster sampling dengan jumlah sampel tiga kelurahan dengan masing-masing satu TK dengan jumlah 59 orang tua (ibu). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dengan instrumen berupa lembar pernyataan yang perlu diisi orang tua (ibu) untuk mendapatkan data frekuensi penggunaan gawai pada anak dan perilaku prososial anak. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa frekuensi penggunaan gawai berpengaruh terhadap perilaku prososial dengan persamaan uji regresi linier sederhana yaitu Y=103,314-0,964X yang artinya setiap penambahan 1% frekuensi penggunaan gawai maka perilaku prososial anak menurun sebanyak 0, 964. Selanjutnya, penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 15,2% yang didapatkan melalui perhitungan menggunakan R Square, dengan nilai signifikansi 0,002>0,05 sehingga Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh antara frekuensi penggunaan gawai terhadap perilaku prososial anak usia 5-6 tahun. Perilaku prososial perlu dikembangkan agar anak siap menjadi anggota masyarakat yang diterima oleh lingkungannya. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengkaji faktor lain yang dapat memengaruhi perkembangan perilaku prososial anak.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Anak Usia Dini
Pengguna Deposit: 2301632743 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 02:56
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74498

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir