PENGARUH NUTRISI HASIL EKSTRAK VERMIKOMPOS SEBAGAI SUPLEMEN NUTRISI AB MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L. ) VARIETAS TOSAKAN PADA SISTEM HIDROPONIK NFT

Ratu, Ratih Rawesi (2023) PENGARUH NUTRISI HASIL EKSTRAK VERMIKOMPOS SEBAGAI SUPLEMEN NUTRISI AB MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L. ) VARIETAS TOSAKAN PADA SISTEM HIDROPONIK NFT. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1918Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1888Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Teknik budidaya sistem hidroponik biasanya menggunakan nutrisi anorganik seperti AB-Mix namun nutrisi anorganik memiliki kelemahan yaitu harga yang relative mahal, kurang ramah lingkungan kemudian tidak adanya hormon dan asam amino organik yang dapat membantu tanaman menyerap unsur hara dari media tumbuh. Salah satu solusi dalam mengurangi penggunakan pupuk anorganik secara berlebih adalah mencari sumber bahan dasar pupuk yang belum dimanfaatkan secara optimal seperti POC ekstrak vermikompos. POC ekstrak vermikompos sendiri memiliki kelebihan seperti ramah lingkungan, terdapatnya hormon pertumbuhan seperti auksin, sitokinin, giberelin dan kaya akan unsur hara mikro. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang nutrisi hidroponik organik dengan mengunakan POC ekstrak vermikompos. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh nutrisi organik ekstrak vermikompos pada tanaman sawi. (2) mengetahui konsentrasi perlakuan terbaik nutrisi organik ekstrak vermikompos pada sistem hidroponik NFT. Penelitian ini dilaksanakan mulai Januari 2023 sampai dengan Februari 2023. Bertempat di Kebun Lapang Jl Harapan, Kelurahan Kota Sepang, Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan empat macam perlakuan yaitu: (1) 100% AB-mix (P0), (2) AB-mix 75% dan ekstrak vermikompos 25% (P1), (3) AB-mix 50% dan ekstrak vermikompos 50% (P2), (4) ekstrak vermikompos 100% (P3). Perlakuan disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari empat perlakuan dan enam ulangan sehingga diperoleh 24 satuan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel pengamatan pada perlakuan AB-Mix 75%+POC ekstrak vermikompos 25% memberikan hasil yang tidak berbeda nyata dengan AB-Mix 100%. Kata kunci : AB-Mix, hidroponik, POC vermikompos, tanaman sawi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Agronomi
Pengguna Deposit: 2301847731 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:52
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74512

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir