PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RANGKAIAN BATERAI SEKUNDER UNTUK CHARGER HANDPHONE PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS

FATMA AYU SAPUTRI, YULINDA (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA RANGKAIAN BATERAI SEKUNDER UNTUK CHARGER HANDPHONE PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENSTIMULUS KETERAMPILAN PROSES SAINS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1657Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1516Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga rangkaian baterai sekunder untuk mencharger handphone yang dapat digunakan dalam pembelajaran listrik dinamis di sekolah, serta untuk menstimulus keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Design and Development Research (DDR) yang terbagi menjadi empat tahap penelitian yaitu analysis, design, development, dan evaluation. Sebelum digunakan dalam pembelajaran, alat peraga ini terlebih dahulu dilakukan uji kelayakan. Uji kelayakan alat peraga rangkaian baterai ini dilakukan uji alat peraga, uji kevalidan, dan kepraktisan alat. Pada pengujian alat peraga didapatkan hasil, rangkaian baterai sekunder dapat mengisi baterai hingga 37% selama 50 menit dengan tegangan awal 3,58 volt dengan arus 0,56 ampere. Hasil uji kevalidan alat peraga diperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan uji observasi pengguna memperoleh persentase penilaian sebesar 84,50% dengan kategori sangat baik dan uji respon pengguna memperoleh persentase penilaian 84% dengan kategori baik. Uji stimulus keterampilan keterampilan proses sains mendapat hasil 79% dengan kategori terstimulus. Berdasarkan uji kelayakan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa alat peraga ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada materi listrik dinamis di sekolah sehingga dapat menstimulus keterampilan proses sains. Kata kunci : Alat peraga, charger handphone, keterampilan Proses Sains, listrik dinamis, rangkaian baterai sekunder.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301693276 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:59
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74538

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir