KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN PENAFSIR KEPEDIHAN: INTERPRETER OF MALADIES KARYA JHUMPA LAHIRI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NAOMI AMBAR , WULAN (2023) KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM KUMPULAN CERPEN PENAFSIR KEPEDIHAN: INTERPRETER OF MALADIES KARYA JHUMPA LAHIRI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1874Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1874Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah konflik batin tokoh utama dalam kumpulan cerpen Penafsir Kepedihan: Interpreter Of Maladies karya Jhumpa Lahiri dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) konflik batin tokoh utama (2) mekanisme pertahanan diri tokoh utama dalam kumpulan cerpen Penafsir Kepedihan: Interpreter Of Maladies karya Jhumpa Lahiri (3) implikasi penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara baca, catat, dan pustaka. Metode yang diterapkan dengan membaca keseluruhan isi cerpen, mengidentifikasi sumber data, mengklasifikasikan, hingga menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Data dalam penelitian ini merupakan kata, kalimat, dan paragraf serta peristiwa yang mengandung informasi tentang konflik batin dan mekanisme pertahanan diri. Berdasarkan kegiatan penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat konflik batin yag dialami tokoh utama dari setiap cerpen yang ada di dalam buku Penafsir Kepedihan: Interpreter Of Maladies karya Jhumpa Lahiri. Konflik tersebut berupa konflik mendekat-menjauh, mendekat-mendekat, menjauh-menjauh dan data mekanisme pertahanan diri dari konflik yang dilakukan oleh para tokoh utama. Penelitian ini dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berupa modul ajar kurikulum merdeka sebagai yang berbasis profil pelajar pancasila. Kata kunci: konflik batin, mekanisme pertahanan diri, pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301119805 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2023 05:33
Terakhir diubah: 12 Aug 2023 05:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74617

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir