EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS

RESTI, MELDATIA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI GARAM MENGHIDROLISIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1922Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1343Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa pada materi garam menghidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Sumberejo semester genap Tahun Pela-jaran 2022/2023, dan sampel penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sam-pling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 se-bagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal pemahaman konsep dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep pada kelas ekperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,uji homogenitas dan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil uji t pada penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan model pembelajaran flipped classroom menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Adapun berdasarkan perhitungan, rata rata n-gain pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 0,74 memiliki kategori tinggi, sedangkan rata-rata n-gain pemahaman konsep siswa di kelas kontrol sebesar 0,44 memiliki kategori sedang. Selain itu aktivitas siswa perkategori pada kelas eksperimen memiliki kriteria tinggi, sedangkan aktivitas siswa perkategori pada kelas kontrol memiliki kriteria rendah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpul-kan bahwa model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa pada materi garam menghidrolisis. Kata kunci: model pembelajaran flipped classroom, pemahaman konsep siswa, aktivitas siswa, garam menghidrolisis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301966044 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:30
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 03:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74688

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir