ANI , CHOIRUNNISA (2023) PENGEMBANGAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
File PDF
2. TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1237Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1105Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran matematika bukan hanya menekankan pada kemampuan berhitung saja, tapi juga harus bisa menguasi konsep-konsep matematika yang abstrak. Pemahaman konsep sangat penting, karena dengan penguasaan konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis saintifik yang memenuhi kreteria valid dan praktis, (2) Untuk mengetahui efektifitas LKPD berbasis saintifik yang berorientasi meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data diantaranya menggunakan wawancara, angket, observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Punggur pada kelas VIII Tahun Ajaran 2022/2023 dan subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII B. Analisis validitas menunjukkan bahwa dari ahli materi dan ahli media diperoleh rata-rata presentase total sebesar 80% dan 79% yang berarti dinyatakan valid, untuk uji kepraktisan diperoleh skor 94% yang berarti LKPD sangat praktis dan pada uji pretest dan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yaitu rata-rata indeks gain yang menggunakan LKPD berbasis saintifik sebesar 0,75 sedangkan rata-rata indeks gain yang tidak menggunakan LKPD berbasis saintifik sebesar 0,69. Sehingga dapat disimpulan berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa penggunaan LKPD berbasis saintifik dalam pembelajaran matematika terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: LKPD, saintifik, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika |
Pengguna Deposit: | 2301822666 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:43 |
Terakhir diubah: | 15 Aug 2023 03:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74708 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |