IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM

SITI , NUR OKTAVIANA (2023) IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT PADA MATERI USAHA DAN ENERGI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2528Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1763Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh implementasi PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development pada materi usaha dan energi terhadap peningkatan kemampuan berpikir sistem. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Madani Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda two tier pada materi usaha dan energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, NGain pada kelas eksperimen sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,45 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis Independent sample T-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,000<0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan berpikir sistem pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji effect size diperoleh nilai partial eta square sebesar 0,846 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa implementasi PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik secara signifikan, pada taraf kepercayaan 95%. Kata kunci: PBL, STEM, Education for Sustainable Development

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301099896 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:10
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 04:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74710

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir