PENGARUH PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO PUSAT

FIRADA, KHASBULLAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (346Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2738Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2717Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model role playing terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental desgin bentuk yang digunakan adalah non-equivalent control group design. Sampel penelitian berjumlah 57 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Peneliti melalukan pengumpulan data sebanyak 2 kali pertemuan di kelas eksperimen dan 2 kali di kelas kontrol, hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dinilai dari soal pretest dan posttest yang diberikan oleh peneliti. Butir soal yang digunakan berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan model role playing terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik dikelas IV A (eksperimen) SD Negeri 1 Metro Pusat tahun 2022/2023. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, hasil belajar, role playing. The problem in this study is the low learning outcomes of Indonesian language in class students of SD Negeri 1 Metro Pusat. The purpose of this study was to determine the effect of the application of the role playing model on Indonesian learning outcomes. This study used a quasi-experimental method with the design form used was a non-equivalent control group design. The research sample amounted to 57 students. Data collection techniques using tests. Researchers collected data for 2 meetings in the experimental class and 2 times in the control class, students' Indonesian learning outcomes were assessed from pretest and posttest questions given by researchers. The questions used were in the form of multiple choice questions as many as 10 questions. The results showed that there was an influence in the application of the role playing model on Indonesian language learning outcomes in class IV A (experimental) at SD Negeri 1 Metro Pusat in 2022/2022. Keywords: Indonesian Language, learning outcomes, role playing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301741427 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:54
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 07:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74746

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir