BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA REDUPLIKASI PADA BERITA ONLINE LAMPUNG GEH NEWS PERIODE OKTOBER DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

Annisa, Safitri (2023) BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA REDUPLIKASI PADA BERITA ONLINE LAMPUNG GEH NEWS PERIODE OKTOBER DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img] File PDF
Full skripsi.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2016Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi tanpa pembahasan.pdf

Download (1581Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah bentuk, fungsi, dan makna reduplikasi pada berita online Lampung Geh News periode Oktober dan implementasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna reduplikasi pada berita online Lampung Geh News periode Oktober dan implementasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah berita online Lampung Geh News periode Oktober. Data dalam penelitian ini berupa satuan lingual pada teks berita. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa model analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam berita online Lampung Geh News periode Oktober ditemukan bentuk-bentuk, fungsi, dan makna reduplikasi sejumlah 189 data. Bentuk reduplikasi yang ditemukan berupa pengulangan seluruh, pengulangan sebagian, pengulangan yang berkombinasi dengan pembubuhan afiks, dan pengulangan dengan perubahan fonem. Fungsi reduplikasi yang ditemukan berupa fungsi reduplikasi, nomina, fungsi verba, fungsi adjektiva, dan fungsi adverbia. Selanjutnya, makna reduplikasi yang ditemukan berupa makna „banyak‟, „banyak yang terkait dengan kata yang diterangkan‟, „perbuatan yang dilakukan berulang-ulang‟, „perbuatan yang dilakukan dengan enaknya, santai, dan senang‟, „agak‟ „tingkat yang paling tinggi yang dapat dicapai‟ dan „menyatakan intensitas perasaan‟. Hasil kajian bentuk, fungsi, dan makna reduplikasi pada berita online Lampung Geh News diimplementasikan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada materi teks berita, yaitu pada KD 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca, dan KD 4.2 Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
400 Bahasa > 401 Filsafat dan teori bahasa
800 Kesusastraan, retorika, dan kritikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301606846 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:05
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74753

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir