PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENERAPAN PROGRAM SMART VILLAGE(STUDI DI DESA MADUKORO, KECAMATAN KOTABUMI UTARA, KABUPATEN LAMPUNG UTARA)

MILENIA , FEBI SANTIKA (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENERAPAN PROGRAM SMART VILLAGE(STUDI DI DESA MADUKORO, KECAMATAN KOTABUMI UTARA, KABUPATEN LAMPUNG UTARA). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
3. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
2. SKRIPSI TANPA BAB IV.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelit ian ini adalah untuk melihat bagaimana keterlibatan masyarakat Desa Madukoro dalam mensukseskan penerapan program berbasis digital yait u smart village. Kajian ini menggunakan metode penelit ian deskriptif kualitat if karena permasalahan berhubungan dengan manusia yang secara fundamental bergantung pada pengamatan. Hal ini berhubungan dengan pengamatan yang akan dilakukan untuk melihat bagaimana partisipasi masyarakat Desa Madukoro dalam penerapan program smart village yang dilihat berdasrkan empat indikator, pertama Partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, kedua partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program, ketiga partisipasi masyarakat dalam pengambilan manfaat dan partisipasi masyarakat dalam tahap evaluasi. Penelit i menggunakan metode penelit ian kualitat if dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi, kemudian menentukan informan melalui teknik purposive sampling dengan melibatkan lima masyarakat Desa Madukoro sebagai penerima manfaat program smart village serta dua informan dari pihak pemerintah desa dengan tujuan mendapatkan informasi se-objektif mungkin. Penelit ian ini kemudian mendapat i bahwa berdasarkan fakta dilapangan bahwa masyarakat belum berpart isipasi secara maksimal dalam penerapan program smart village, dari empat indikator tersebut, masyarakat cenderung berpart isipasi ketika hal tersebut memberikan manfaat bagi mereka, dalam hal ini berkaitan dengan indikator pengambilan manfaat. Selain itu kecendrungan masyarakat hanya akan terlibat ketika mendapat dorongan dari Pemerintah Desa. Kata Kunci : Smart Village, Partisipasi, Masyarakat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2301595410 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:39
Terakhir diubah: 18 Aug 2023 06:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74878

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir