PENENTUAN MASA SIMPAN KELANTING GETUK PADA KEMASAN PLASTIK POLYPROPYLENE DAN PLASTIK ALUFOIL STANDING POUCH KOMBINASI MENGGUNAKAN METODE ASLT (Accelerated Shelf Life Testing)

Wenti , Matanari (2023) PENENTUAN MASA SIMPAN KELANTING GETUK PADA KEMASAN PLASTIK POLYPROPYLENE DAN PLASTIK ALUFOIL STANDING POUCH KOMBINASI MENGGUNAKAN METODE ASLT (Accelerated Shelf Life Testing). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1047Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (923Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kelanting getuk merupakan salah satu produk olahan berbahan dasar ubi kayu yang mempunyai kadar air rendah dan lemak tinggi yang mengakibatkan kerusakan pada produk makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan masa simpan produk kelanting getuk yang dikemas dengan plastik polypropylene dan plastik alufoil standing pouch kombinasi menggunakan metode ASLT (Accelerated Shelf Life Test) model Arrhenius. Kelanting getuk disimpan pada kondisi suhu penyimpanan yaitu 25ºC, 35°C, dan 45°C. Pengamatan terhadap kelanting getuk dilakukan setiap 7 hari sekali selama 42 hari. Pengamatan yang dilakukan meliputi analisis kadar asam lemak bebas dan sifat sensori terhadap aroma dan kerenyahan. Hasil penelitian menunjukkan masa simpan kelanting getuk yang dikemas dengan plastik polypropylene adalah 102,13 hari dan untuk plastik alufoil standing pouch kombinasi adalah 59,53 hari. Kemasan terbaik yang dapat menjaga mutu kelanting getuk yaitu kemasan polypropylene berdasarkan 3 parameter yaitu kadar asam lemak bebas, aroma, dan kerenyahan. Kata kunci : Kelanting getuk, kemasan, masa simpan, metode ASLT (Accelerated Shelf Life Test), model Arrhenius, ubi kayu.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2301167422 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:38
Terakhir diubah: 18 Aug 2023 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74943

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir