PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) URIN KELINCI SEBAGAI SUBSTITUSI PARSIAL NUTRISI AB-MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK

TARISSA , BUNGA MAHARANI ALFITRIANI BUNARI (2023) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) URIN KELINCI SEBAGAI SUBSTITUSI PARSIAL NUTRISI AB-MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1015Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (924Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Sawi hijau (Brassica juncea L.) merupakan salah satu komoditas sayuran yang cukup populer dan memiliki nilai komersial yang tinggi. Tanaman sawi dapat dibudidayakan secara hidroponik dan memerlukan nutrisi salah satunya AB-Mix untuk menunjang pertumbuhannya. Namun, nutrisi AB-Mix merupakan pupuk anorganik yang apabila digunakan secara terus menerus dapat berdampak negatif bagi kesehatan serta tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan pupuk organik cair (POC) yang dalam hal ini ialah urin kelinci sebagai substitusi parsial penggunaan nutrisi AB-Mix. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pupuk organik cair urin kelinci dapat dijadikan sebagai sustitusi parsial nutrisi AB-Mix dan berapa persen pupuk organik cair urin kelinci yang dapat dijadikan substitusi parsial AB-Mix. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Lapang Sepang Jaya, pada Februari-Mei 2022. Perlakuan disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan tunggal dan terdapat 6 ulangan. Pada setiap satuan percobaan terdapat 6 lubang tanam sehingga terdapat 144 populasi tanaman. Perlakuan terdiri atas empat taraf, yaitu P0 (100% AB-Mix), P1 (AB-Mix 75% + POC urin kelinci 25%), P2 (AB-Mix 50% + POC urin kelinci 50%), P3 (AB-Mix 25% + POC urin kelinci 75%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan POC urin kelinci sebanyak 25% sebagai substitusi AB-Mix setara dengan kualitas nutrisi AB-Mix 100% yang ditunjukkan oleh variabel bobot segar tajuk yang didukung olrh variabel pendukung tinggi tanaman, lebar daun, panjang daun, panjang tangkai daun, tingkat kehijauan daun, dan luas daun. Komposisi terbaik pupuk organik cair (POC) urin kelinci yang disubtitusikan dengan AB Mix ialah AB Mix 75% + POC urin kelinci 25%. Kata Kunci: AB Mix; Hidroponik; POC Urin Kelinci; Sawi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Agronomi
Pengguna Deposit: 2301895095 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:22
Terakhir diubah: 18 Aug 2023 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74969

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir