SIMULASI DISTRIBUSI TEMPERATUR DAN LAJU ALIRAN UDARA PADA TUNGKU PULVERIZED BURNER DENGAN PENAMBAHAN SECONDARY AIR MENGGUNAKAN METODE CFD

Alifiandi, Laksana (2023) SIMULASI DISTRIBUSI TEMPERATUR DAN LAJU ALIRAN UDARA PADA TUNGKU PULVERIZED BURNER DENGAN PENAMBAHAN SECONDARY AIR MENGGUNAKAN METODE CFD. Fakultas Teknik, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pulverized coal boiler adalah teknologi pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang masih banyak digunakan di Indonesia. Salah satu proses penting dalam sistem PLTU adalah pembakaran bahan bakar. Pembakaran bahan bakar umumnya menggunakan pulverized burner. Peningkatkan efisiensi pembakaran pada pulverized burner menjadi bagian penting dalam pembangkitan daya. Efisiensi pembakaran pada pulverized burner dapat diamati salah satunya dengan simulasi distribusi temperatur dan laju aliran udara. Simulasi dinilai lebih aman sehingga lebih menguntungkan dari segi biaya dan keselamatan pekerja. Agar aliran dalam pulverized burner lebih turbulen perlu ditambahkan secondary air. Penelitian ini membandingkan pengaruh tanpa excess air, dengan excess air 10, 20, dan 30% terhadap distribusi temperatur dan laju aliran udara. Pada proses simulasi dilakukan meshing, setup dan processing untuk mendapatkan hasil distribusi temperatur dan laju aliran udara. Hasil simulasi menunjukkan bahwa penambahan udara sekunder terhadap distribusi temperatur pada burner lebih merata. Selain itu, penambahan udara sekunder pada laju aliran udara di dalam burner meningkatkan turbulensi aliran yang lebih tinggi saat pembakaran, dan diperoleh nilai kecepatan udara tertinggi sebesar 19,81 m/s pada excess air 30%.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 1915021043 Laksana Alifiandi
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:28
Terakhir diubah: 18 Aug 2023 08:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74975

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir