MULYA , SARI (2023) PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN CISCO IT ESSENTIALS VIRTUAL DESKTOP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 01 TULANG BAWANG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2156Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1969Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian inidilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi berbantuan Cisco IT Essentials Virtual Desktop terhadap hasil belajar pada materi perakitan komputer yang terdiri dari pembelajaran teori dan praktik, penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya perangkat perakitan komputer secara nyata dan metode tutor sebaya yang diterapkan sehingga tidak semua peserta didik tidak mendapat pengalaman langsung dan adanya rasa takut dan keraguan peserta didik dalam melakukan perakitan komputer. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan metode penelitian quasi eksperimen dan desain Noneequivalent Group Design. Penelitian terlaksana pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 melibatkan 71 peserta didik, terdiri kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini Peserta didik melakukan demonstrasi perakitan secara virtual dengan Cisco IT Essentials Virtual Desktop, Adapun Kendala pada saat penelitian ialah pengelolaan kelas yang mengharuskan peserta perhatian lebih kepada peserta didik. Pengukuran hasil belajar hanya terfokus pada ranah kognitif diperoleh dari pemberian pretest dan posttest dibandingkan untuk melihat peningkatan hasil belajar dan psikomotorik diperoleh dari lembar penilaian praktikum. Analisis data penelitian Hasil belajar diperoleh N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,60 dalam kategori sedang dan kelas kontrol hanya sebesar 0,43. Uji hipotesis dengan uji t-test ranah psikomotorik dan kognitif hasil pengambilan keputusan Ho ditolak dengan taraf signifikansi sebesar 0,05. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis hasil belajar dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penerapan metode demonstrasi berbantuan Cisco IT Essentials Virtual Desktop terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perakitan komputer. Kata kunci: Cisco It Essentials Virtual Desktop,Hasil Belajar,Metode Demonstrasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi |
Pengguna Deposit: | 2301032353 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 09:04 |
Terakhir diubah: | 18 Aug 2023 09:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74978 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |