PERHITUNGAN POTENSI ENERGI PANAS BUMI MENGGUNAKAN METODE VOLUMETRIK DAN PEMODELAN SIMULASI NUMERIK ALIRAN FLUIDA HIDROTERMAL DI WAY RATAI, PESAWARAN

Pegita Urmala, Dewi (2023) PERHITUNGAN POTENSI ENERGI PANAS BUMI MENGGUNAKAN METODE VOLUMETRIK DAN PEMODELAN SIMULASI NUMERIK ALIRAN FLUIDA HIDROTERMAL DI WAY RATAI, PESAWARAN. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3062Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Lapangan panas bumi di Way Ratai memiliki potensi energi yang cukup tinggi. Namun, karena belum adanya sumur eksplorasi status pengembangan lapangan panas bumi Way Ratai masih berada pada tahap eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemodelan simulasi numerik aliran fluida hidrotermal dan perpindahan energi panas, menentukkan lokasi potensi sumur eksplorasi serta menghitung besar potensi energi listrik menggunakan metode volumetrik di lapangan panas bumi Way Ratai. Sehingga dapat meningkatkan dukungan data terkait penentuan potensi cadangan energi panas bumi di Way Ratai. Hasil penelitian pada 3 lintasan yang digunakan menunjukkan pergerakan massa fluida air dominan berasal dari zona recharge atau sumber air meteorik menuju lokasi manifestasi air panas di wilayah Margodadi dan Kali Tiga. Pergerakan massa aliran fluida uap juga menunjukkan persebaran yang tidak mencapai permukaan. Kondisi ini selaras dengan kondisi sebenarnya di lapangan panas bumi Way Ratai yang belum ditemukan adanya manifestasi uap panas berupa fumarola mapun solfatara. Dummy well dari 3 lintasan menunjukkan lokasi potensi reservoir dengan sistem dominasi air ditandai dengan dummy well yang menghasilkan zona dua fase, yakni fluida uap dan fluida air. Diindikasikan juga terdapat steam cap yang berada pada kedalaman 700 m, 1.450 m dan 1.850 m dengan tiga titik sumur pada lintasan 1, kedalaman 600 m, 800 m dan 1.700 untuk tiga titik sumur pada lintasan 2 dan kedalaman 850 m dan 1.200 m pada tiga titik sumur lintasan 3. Hasil perhitungan potensi energi listrik panas bumi menggunakan metode volumetrik dengan periode waktu 30 tahun dan faktor konversi listrik 10% yang mengacu pada SNI 13-6482-2000 sebesar 48,05 Mwe dengan luas area potensi reservoir untuk 3 lintasan yang digunakan pada penelitian ini adalah 7,5 km2.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 550 Ilmu bumi dan geologi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301482764 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:11
Terakhir diubah: 21 Aug 2023 08:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75056

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir