PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Kartika , Dwi Handayani (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2849Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1986Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-9 sebagai kelas kontrol dan VIII-10 sebagai kelas eksperimen pada SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Data diperoleh berasal dari wawancara, angket, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil validasi, LKPD berbasis PBL yang dikembangkan dinyatakan valid, serta respon guru dan siswa sangat tinggi mengenai kepraktisan LKPD. Hasil uji lapangan pada kelompok besar menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen lebih besar jika dibandingkan dengan kelas kontrol terlihat dari hasil rerata N-Gain lebih tinggi, serta hasil ketuntasan belajar siswa sebanyak 84% siswa mendapatkan nilai di atas KKM yakni 76 sehingga LKPD berbasis Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: LKPD, Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301061730 . Digilib
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:56
Terakhir diubah: 21 Aug 2023 07:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75057

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir