IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

KURNIA, FIJRI (2023) IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (218Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1735Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1187Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh PBL dengan pendekatan STEM berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik usaha dan energi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Talang Padang menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan, yaitu PretestPosttest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan, yaitu lembar tes soal uraian. Pembelajaran model PBL dengan pendekatan STEM berbasis ESD dikatakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,44 dengan kategori sedang lebih besar dibandingkan pada kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 0,23 dengan kategori rendah. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol. Hal ini juga didukung dengan data perolehan dari uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan juga nilai effect size sebesar 0,797 pada kategori besar, yang dapat disimpulkan bahwa implementasi PBL dengan pendekatan STEM berbasis ESD dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada topik usaha dan energi. Kata kunci: PBL, Pendekatan STEM, Education for Sustainable Development (ESD), kemampuan berpikir kreatif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301311713 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:09
Terakhir diubah: 22 Aug 2023 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75081

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir