Identifikasi Lapisan Shale Pada Lapangan Offshore Cekungan Jawa Timur Utara untuk Eksplorasi Hidrokarbon Non Konvensional

Nanda Paquita, Syaharani (2023) Identifikasi Lapisan Shale Pada Lapangan Offshore Cekungan Jawa Timur Utara untuk Eksplorasi Hidrokarbon Non Konvensional. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK SKRIPSI_NANDA PAQUITA SYAHARANI.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL_NANDA PAQUITA SYAHARANI_DIGILIB..pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_NANDA PAQUITA SYAHARANI_DIGILIB..pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Eksplorasi hidrokarbon non konvensional adalah cara untuk mengembangkan potensi shale dalam meningkatkan cadangan migas di Indonesia. Shale adalah batuan yang kaya akan material organik dan menjadi target eksplorasi non konvensional sebab berfungsi sebagai source rock dan reservoar dengan nilai volume shale yang besar serta permeabilitas yang rendah. Salah satu cekungan berpotensi penghasil hidrokarbon non konvensional di Indonesia adalah Cekungan Jawa Timur Utara. Penelitian ini berfokus pada menentukan lokasi deposenter lapisan shale berdasarkan isopach map sebagai langkah awal untuk melokalisir wilayah yang akan dijadikan target pengembangan eksplorasi hidrokarbon non konvensional. deposenter adalah bagian terdalam suatu cekungan dan menjadi tempat terakumulasinya sedimen dan hidrokarbon. Pada penelitian ini menggunakan 29 line seismic 2D dan 2 data sumur, yaitu sumur NP-1 dan NP-2 serta target penelitian berada pada Formasi Kujung dan Formasi Ngimbang di wilayah offshore Cekungan Jawa Timur Utara. Dari isopach map didapatkan lokasi deposenter untuk Formasi Kujung berada di arah barat laut dengan ketebalan shale sebesar 600 m – 800 m sedangkan pada Formasi Ngimbang berada di arah timur dengan ketebalan shale mencapai 1000 m – 1300 m. Dari lokasi deposenter dapat diketahui lokasi yang memiliki kekayaan material organik sehingga berpotensi sebagai source rock. Kata Kunci: Cekungan Jawa Timur Utara, Eksplorasi Hidrokarbon Non Konvensional, Offshore, Shale, Isopach Map, dan Lokasi Deposenter.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2301957179 . Digilib
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:59
Terakhir diubah: 22 Aug 2023 09:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75137

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir