ANALISIS KERAGAAN DAN STRATEGI OPERASIONAL AGROINDUSTRI ROTI DI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Studi Kasus Pada Toko Roti Nan’s Bakery)

WINDU, KUKUH WIDI ASTUTI (2023) ANALISIS KERAGAAN DAN STRATEGI OPERASIONAL AGROINDUSTRI ROTI DI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN (Studi Kasus Pada Toko Roti Nan’s Bakery). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1635Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1142Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aims to analyze (1) the process of procuring wheat flour raw materials based on the EOQ method, (2) processing activities to generate profits (3) the application of the marketing mix to marketing activities, (4) the role of supporting services to agro-industry, and (5) develop the right operational strategy for agroindustry. This research uses a case study method. Determination of the research location is determined intentionally (purposive). Respondents in this study were the owner and 2 agro-industry employees, 1 staff of the South Lampung Regency Diskoperindag, 1 expert from the university and 30 consumers of Nan's Bakery. Data collection was carried out in December 2022 - January 2023 and analyzed descriptively qualitative and descriptive quantitative. The results showed that (1) controlling the inventory of wheat flour raw materials is not yet economical, because the Probabilistic EOQ model will save 37.41 percent of the total cost of wheat flour raw material inventory in the 2022 period. (2) the profit of all products in Nan's Bakery Agroindustry is IDR 2,436,183.32 per production. (3) marketing activities have implemented a marketing mix according to the perspective of owners and consumers and setting the selling price carried out by the agroindustry is good. (4) Supporting services utilized by agro-industry have a positive impact on agroindustry activities. (5) Prioritized strategies are: (a) improve quality by utilizing existing technology, (b) take advantage of government support by cooperating with suppliers to minimize delays in the supply of raw materials, (c) Improve promotional media to expand the agroindustry market network. Keywords: agroindustry, performance, operational strategy, bakery Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) proses pengadaan bahan baku tepung terigu berdasarkan metode EOQ, (2) kegiatan pengolahan untuk menghasilkan keuntungan (3) penerapan bauran pemasaran pada kegiatan pemasaran, (4) peran jasa layanan pendukung terhadap agroindustri, dan (5) menyusun strategi operasional yang tepat untuk agroindustri. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Penentuan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive). Responden dalam penelitian ini adalah pemilik dan 2 orang karyawan agroindustri, 1 staf Diskoperindag Kabupaten Lampung Selatan, 1 pakar dari perguruan tinggi serta 30 orang konsumen Nan’s Bakery. Pengumpulan data dilaksanakan pada Bulan Desember 2022 - Januari 2023 dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengendalian persediaan bahan baku tepung terigu belum ekonomis, karena dengan model EOQ Probabilistik akan menghemat sebesar 37,41 persen dari total biaya persediaan bahan baku tepung terigu pada periode tahun 2022. (2) keuntungan seluruh produk di Agroindustri Roti Nan’s Bakery sebesar Rp 2.436.183,32 per produksi. (3) kegiatan pemasaran sudah menerapkan bauran pemasaran menurut prespektif pemilik dan konsumen dan penetapan harga jual yang dilakukan agroindustri sudah baik. (4) Jasa layanan pendukung yang dimanfaatkan oleh agroindustri memberikan dampak positif bagi kegiatan agroindustri. (5) strategi yang menjadi prioritas yaitu : (a) meningkatkan kualitas dengan memanfaatkan teknologi yang ada, (b) memanfaatkan dukungan pemerintah dengan menjalin kerjasama dengan pemasok untuk meminimalisasi adanya keterlambatan penyediaan bahan baku, (c) Meningkatkan media promosi untuk memperluas jaringan pasar agroindustri. Kata kunci : agroindustri, keragaan, strategi operasional, bakery

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2301059332 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:34
Terakhir diubah: 23 Aug 2023 03:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75173

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir