PEMETAAN PERGESERAN JEJARING PERDAGANGAN TEKSTIL INTERNASIONAL SEJAK BERGABUNGNYA TIONGKOK KE WTO DAN SEBELUM PANDEMI (2002 DAN 2019)

ELSA , ARIANA (2023) PEMETAAN PERGESERAN JEJARING PERDAGANGAN TEKSTIL INTERNASIONAL SEJAK BERGABUNGNYA TIONGKOK KE WTO DAN SEBELUM PANDEMI (2002 DAN 2019). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2103Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1475Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perdagangan tekstil sangat besar dan penting di perdagangan internasional, dan menunjukan kehadiran negara dari ragam karakteristik. Di tengah itu, di tahun 2002 dan 2019 menunjukan adanya pergeseran posisi, struktur dan peran di negara eksportir dan importir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pergeseran performa perdagangan tekstil, jejaring perdagangan tekstil, potensi kerja sama, serta struktur perdagangan tekstil dengan berlandaskan teori perdagangan internasional, teori struktur perdagangan, dan teori kerja sama. Analisis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif melalui uji disperitas SPSS dan SNA Gephi untuk data ekspor-impor Tekstil Tahun 2002 dan 2019. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa performa perdagangan tekstil semakin senjang dalam nilai ekspor-impor, sebagian besar ekspor semakin eksklusif sedangkan impor semakin inklusif. Jejaring perdagangan tekstil semakin terpusat oleh hanya beberapa negara saja, dan semakin menyatu dengan berkurangnya potensi kelompok. Selain itu, kerja sama yang terjadi sebagian besar pada lingkup regional, dan stukturnya bersifat contestable market. Kata kunci: Perdagangan Tekstil, Jejaring Perdagangan, Ekspor-impor, Struktur Perdagangan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2301675233 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:31
Terakhir diubah: 23 Aug 2023 08:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75215

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir