PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE MATERI PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN BANGSA EROPA DI LAMPUNG KELAS XI IPS SMAN 2 GADINGREJO

Renaldy , Jovanda (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE MATERI PROSES MASUK DAN PERKEMBANGAN BANGSA EROPA DI LAMPUNG KELAS XI IPS SMAN 2 GADINGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (202Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (9Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu faktor yang mendukung jalannya proses pembelajaran, rendahnya pemanfaatan media pembelajaran dan kurang pahamnya guru dalam pengintegrasian muatan sejarah lokal tentu menjadi masalah dalam proses pembelajaran untuk itu perlu diterapkan media pembelajaran yang sesuai dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran sejarah untuk memperkenalkan kepada peserta didik Proses Masuk dan Perkembangan Bangsa Eropa di Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) yang di adaptasi dari model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian dari validasi ahli materi mendapatkan persentase nilai 92,30% dalam kategori Sangat Valid. Validasi ahli media mendapatkan persentase nilai 82,60% termasuk dalam kategori Sangat Valid. Respon Praktisi pendidikan (guru sejarah) mendapatkan persentase nilai 86,25% termasuk dalam kategori Sangat Valid. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase ≥ 95% setiap indikatornya. Di lakukan juga tes untuk melihat hasil belajar dari penggunaan media dan menyatakan bahwa media memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Secara keseluruhan menyatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline untuk memperkenalkan pada peserta didik sejarah proses masuk dan perkembangan Eropa di Lampung layak, berpengaruh dan efektif untuk digunakan dan mendapat respon positif dari guru dan siswa, dibuktikan juga dengan dilakukannya tes hasil belajar yang dimana siswa mendapatkan hasil nilai rata-rata tes 84 yaitu tuntas nilai Kriteria Ketuntasan Materi (KKM) di SMAN 2 Gadingrejo yaitu 75 dengan dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Pengembangan media, Articulate Storyline, Sejarah Lokal abstract The use of learning media is one of the factors that support the course of the learning process, the low use of learning media and the lack of understanding of teachers in integrating local historical content is certainly a problem in the learning process for that it is necessary to apply appropriate learning media in the learning process. The purpose of this study is to develop historical learning media to introduce students to the Entry Process and Development of Europeans in Lampung. This research uses research and development (R&D) methods adapted from the ADDIE development research model (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). The results of the research from the validation of material experts get a percentage of 92.30% value in the Very Valid category. Media expert validation gets a percentage of 82.60% value included in the Very Valid category. The response of education practitioners (history teachers) received a percentage of 86.25% marks included in the Very Valid category. Student responses to this media during the trial showed an average positive response by getting a percentage of ≥ 95% of each indicator. There are also tests to see learning outcomes from media use and state that media has an influence on improving student learning outcomes. Overall, it states that interactive learning media based on Articulate Storyline to introduce students to the history of the entry process and European development in Lampung is feasible, influential and effective to be used and received a positive response from teachers and students, as evidenced by the conduct of learning outcomes tests where students get an average test score of 84, namely the completion of the Material Completeness Criteria (KKM) score at SMAN 2 Gadingrejo, which is 75 with in the category very good. Keywords: Development Media, Articulate Storyline, Local History

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2301564041 . Digilib
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:42
Terakhir diubah: 23 Aug 2023 08:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75221

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir