SELA , MARLINA (2023) PENERAPAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA SMA PADA TOPIK GLOBAL WARMING. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3039Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2572Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh learning cycle 7E dengan flipped classroom terintegrasi STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem pada topik global warming siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Buay Bahuga menggunakan quasi experiment dengan jenis dengan jenis non-equivalent control group design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar tes soal global warming. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, N-Gain hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,63 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,48 dengan kategori sedang. Data N-Gain kemudian dilakukan uji hipotesis dianalisis dengan uji dengan uji Independent Sample T-test. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai sig. Lebih besar dari 0,05 yaitu 0,26 menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir sistem peserta didik pada kelas eksperimen dan kontrol. Kemudian, data N-Gain menghasilkan perhitungan effect size yaitu sebesar 1,04 dengan kategori besar. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa peningkatan kemampuan berpikir sistem pada kelas eksperimen dengan mengimplementasikan learning cycle 7E dengan flipped classroom terintegrasi STEM lebih tinggi dan lebih efektif dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci : berpikir sistem, flipped classroom, global warming, learning cycle 7E, STEM
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2301516162 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 10:16 |
Terakhir diubah: | 23 Aug 2023 10:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75240 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |