IMPLEMENTASI PjBL-STEM BERBASIS ESD(EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT)PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM

Teddy, Kurniawan (2023) IMPLEMENTASI PjBL-STEM BERBASIS ESD(EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT)PADA TOPIK ENERGI TERBARUKAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2338Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1862Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran PjBL- STEM Berbasis ESD (Education for Sustainable Development) untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik pada topik energi terbarukan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Menggala dan Sampel yang digunakan, yaitu peserta didik kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5 Tahun Ajaran 2022/2023. Desain Penelitian yang digunakan, yaitu non-equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pilahan ganda. Pembelajaran dengan menerapkan model PjBL-STEM berbasis ESD mampu meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik hal ini terlihat dari rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,63 lebih besar dari pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Berdasarkan data tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir sistem peserta didik mempunyai perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Serta didukung oleh data hasil uji hipotesis Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) < 0,05, maka dapat diambil keputusan bahwa Implementasi PjBL-STEM berbasis ESD dapat meningkatkan kemampuan berpikir sistem peserta didik pada topik energi terbarukan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 501 Filsafat dan teori ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301020587 . Digilib
Date Deposited: 24 Aug 2023 06:40
Terakhir diubah: 24 Aug 2023 06:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75283

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir