PENGARUH PEMBERIAN PAKLOBUTRAZOL TERHADAP KARAKTER FENOLOGI DAN KANDUNGAN PADATAN TERLARUT TOTAL (PTT) BEBERAPA KLON JAMBU BIJI DAN JAMBU AIR

WISMA, ADISTIRA (2023) PENGARUH PEMBERIAN PAKLOBUTRAZOL TERHADAP KARAKTER FENOLOGI DAN KANDUNGAN PADATAN TERLARUT TOTAL (PTT) BEBERAPA KLON JAMBU BIJI DAN JAMBU AIR. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1333Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1161Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Jambu adalah salah satu komoditi unggulan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Pembungaan dan pembuahan pada tanaman jambu merupakan informasi umum yang sangat penting dalam budidaya tanaman. Namun, informasi mengenai fenologi pembungaan berbagai klon tanaman jambu masih sangat terbatas. Pengamatan fenologi penting untuk mengetahui perkembangan buah dan biji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan Paklobutrazol dan klon terhadap pembungaan dan karakter Padatan Terlarut Total (PTT) buah beberapa klon jambu biji dan jambu air, serta interaksinya terhadap pembungaan tanaman jambu. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tambah Rejo, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu pada bulan Juli 2022 sampai bulan Februari 2023. Perlakuan disusun secara faktorial (5x2) dalam rancangan acak lengkap faktorial (RAL Faktorial) yang diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama adalah Paklobutrazol (P) yang terdiri atas 2 taraf, yaitu: (P0) tanpa Paklobutrazol, dan (P1) Paklobutrazol dengan konsentrasi 2500 ppm. Faktor kedua adalah klon jambu yang terdiri dari 5 taraf, yaitu: (K1) jambu biji klon Kristal, (K2) jambu air klon Dalhari, (K3) jambu air klon Madu Deli, (K4) jambu air klon Kancing Merah, dan (K5) jambu air klon Black Kingkong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Paklobutrazol dengan konsentrasi 2500 ppm dapat menekan pertambahan jumlah daun dan jumlah tunas, mampu mempercepat waktu muncul bunga dan waktu antesis, serta dapat meningkatkan tingkat kehijauan daun pada tanaman jambu. Sedangkan perlakuan klon berpengaruh pada banyaknya jumlah tunas, kemanisan buah, serta tahapan pembungaan. Jambu air klon Kancing Merah memiliki waktu pembungaan paling cepat, sedangkan klon Black Kingkong dan Madu Deli membutuhkan waktu pembungaan yang paling lama di antara semua klon. Kata kunci : fenologi, paklobutrazol, klon jambu, padatan terlarut total (PTT).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana
Pengguna Deposit: 2301347318 . Digilib
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:24
Terakhir diubah: 31 Aug 2023 02:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75396

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir