HENI , AFIRIKA SARI (2023) PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANG TUA DAN IKLIM BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS DOKTOR WAHIDIN SUDIRO HUSODO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Doktor Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar peserta didik, iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik, dan pola asuh demokratis orang tua dan iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto korelasi. Populasi penelitian berjumlah 157 orang peserta didik dan sampel berjumlah 62 orang peserta didik dengan menggunakan teknik probability sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert, sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara pola asuh demokratis orang tua terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Doktor Wahidin Sudiro Husodo. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Doktor Wahidin Sudiro Husodo, dan. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara pola asuh demokratis orang tua dan iklim belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Doktor Wahidin Sudiro Husodo. Kata kunci : hasil belajar, iklim belajar di rumah, pola asuh demokratis orang tua The problem in this research is the low learning outcomes of grade V students in Elementary School Doctor Wahidin Sudiro Husodo Cluster, West Metro District. The purpose of this study is to determine the effect of parents' democratic parenting style on student learning outcomes, the learning climate at home on student learning outcomes, and parenting democratic parents and learning climate at home on student learning outcomes. This type of research is quantitative research with ex-post facto correlation research methods. The research population was 157 students and the sample was 62 students using probability sampling technique. The data collection instrument was a questionnaire with a Likert scale, previously tested for validity and reliability. Data analysis used a simple linear regression test and multiple linear regression tests. The results showed there was a positive influence and significance between parents' democratic parenting styles and the learning outcomes of fifth-grade students in Elementary School Doctor Wahidin Sudiro Husodo Cluster. There was a positive influence and significance between the learning climate at home on the learning outcomes of fifth-grade students in Elementary School Doctor Wahidin Sudiro Husodo Cluster. There is a positive influence and significance between parents' democratic parenting and learning climate at home on the learning outcomes of fifth-grade students in Elementary School Doctor Wahidin Sudiro Husodo Cluster Keywords: learning outcomes, learning climate at home, parents' democratic parenting
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2301996897 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 09:50 |
Terakhir diubah: | 04 Sep 2023 09:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75452 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |