EVALUASI PERFORMA SYNTHETIC MINORITY OVERSAMPLING TECHNIQUE (SMOTE) UNTUK MENGATASI KLASIFIKASI DATA TIDAK SEIMBANG PADA METODE K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

WIDYA AMALIA PUTRI, RISWANDHA (2023) EVALUASI PERFORMA SYNTHETIC MINORITY OVERSAMPLING TECHNIQUE (SMOTE) UNTUK MENGATASI KLASIFIKASI DATA TIDAK SEIMBANG PADA METODE K-NEAREST NEIGHBOR (KNN) DAN SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2939Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2937Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Metode K-Nearest Neighbor (KNN) dan Support Vector Machine (SVM) merupakan salah satu teknik yang populer pada klasifikasi. Pada umumnya, masalah yang sering terjadi pada klasifikasi yaitu adanya ketidakseimbangan data. Ketidakseimbangan data merupakan suatu keadaan dimana distribusi pada jumlah kelas tidak merata atau dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap jumlah kelas. Hal ini mempengaruhi terhadap performa hasil klasifikasi. Maka dari itu, penting untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan data, salah satunya dengan menggunakan Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengevaluasi performa SMOTE untuk mengatasi klasifikasi data tidak seimbang pada KNN dan SVM. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa SMOTE efektif untuk meningkatkan performa klasifikasi penderita diabetes yang dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai akurasi pada metode KNN dengan parameter

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Matematika
Pengguna Deposit: 2301367152 . Digilib
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:16
Terakhir diubah: 05 Sep 2023 08:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75486

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir