PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VI SD

NYOMAN , ARI NEGARI (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VI SD. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3536Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3267Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD berbasis problem based learning yang layak dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Seputih Raman Lampung Tengah, Lampung. Subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian diperoleh sebanyak 20 peserta didik. Pada tahap uji coba produk awal dilakukan uji kemenarikan, kemudahan dan kebermanfaatan kepada perwakilan peserta didik dan pendidik. Selanjutnya dilakukan validasi produk oleh ahli materi, ahli media dan ahli Bahasa. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,57. Hasil penelitian yang dilakukan menyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Keywords: LKPD, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah The research’s problem begins with a needs analysis in learning. This study aims to produce worksheet products based on problem based learning that are feasible and effective in improving student’s problem solving skills. This research is a Research and Development (R&D) type of research, the development is carried out referring to the theory of Borg & Gall. The population of this research is the fifth grade students of SD Seputih Raman, Lmpung Centre, Lampung. Subjects in this study were determined using purposive sampling technique obtained as many as 20 students. At the initial product trial stage, tests were carried out for attractiveness, convenience and usefulness to representatives of students and educators. Furthermore, product validation is carried out by material experts, media experts and language experts.The data collection tool uses a valid and reliable test instrument. The data analysis technique used N-Gain. The results showed that the worksheet developed was feasible to use and effective in improving student’s' problem solving skills. Keyword: worksheet, problem based learning, problem solving

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301771532 . Digilib
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:38
Terakhir diubah: 05 Sep 2023 08:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75488

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir