PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA PERUSAHAAN FINTECH YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN

SINTA , BELANI (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO PADA PERUSAHAAN FINTECH YANG TERDAFTAR DI OTORITAS JASA KEUANGAN. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1359Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1362Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1361Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh antara ukuran perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan manajemen risiko. Subyek peneitian ini adalah perusahaan fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK). Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan diperoleh 33 sampel perusahaan dalam kurun waktu 3 tahun. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi liniear berganda dengan menggunakan IBM Spss Statistic 23. Hasil pada penelitian ini menunjukkan secara simultan ukuran perusahaan, leverage dan profitabilitas memiliki pengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko. Secara parsial, ukuran perusahaan yang dihitung menggunakan ln asset, leverage yang diproksikan menggunakan debt to asset ratio, dan profitabilitas yang diukur menggunkan net profit margin berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan manajemen risiko. Kata Kunci: Fintech, leverage, Pengungkapan Manajemen Risiko, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan. This research aims to empirically prove the influence between company size, leverage, and profitability on risk management disclosure. The subject of this research is a fintech company registered by Otoritas Jasa Keuangan (OJK). The research method in this study is quantitative research. The sample selection technique used was purposive sampling and obtained 33 samples of companies within 3 years. The data analysis method in this study uses multiple linear regression analysis using IBM Spss Statistic 23. The results in this study indicate that simultaneously company size, leverage and profitability have an influence on risk management disclosure. Partially, company size calculated using ln assets, leverage proxied using debt to asset ratio, and profitability measured using net profit margin have a significant positive effect on risk management disclosure. Keyword: Fintech, leverage, risk management disclosure, profitability and firm size.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2301199202 . Digilib
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:16
Terakhir diubah: 06 Sep 2023 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75505

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir