INTERNASIONALISASI DAN PERAN PEMERINTAH DALAM INDUSTRI MEDIA SOSIAL TIONGKOK (STUDI KASUS: DOUYIN/TIKTOK)

Desmalinda Sagita , Purnomo (2023) INTERNASIONALISASI DAN PERAN PEMERINTAH DALAM INDUSTRI MEDIA SOSIAL TIONGKOK (STUDI KASUS: DOUYIN/TIKTOK). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1474Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (11Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (11Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Adanya gerakan pro-demokrasi kontemporer di Tiongkok pada akhir 1970-an, memicu tindakan pemerintah Tiongkok untuk menerapkan Great Firewall (GFW) dan memblokir beberapa media asing. Perusahaan di Tiongkok mulai terdorong untuk menciptakan produk media sosial mereka sendiri, namun dengan segala aturan yang ada, industri media sosial Tiongkok cukup tertutup dan sulit diakses. Adanya Revolusi Teknologi membuat Tiongkok menyadari bahwa teknologi memiliki posisi penting dalam tatanan internasional, maka globalisasi sangat diperlukan untuk perkembangan negara. TikTok merupakan salah satu contoh dari aplikasi media sosial Tiongkok yang berhasil melakukan internasionalisasi, namun dalam ekspansi pasar tersebut terdapat peran negara yakni Tiongkok sebagai negara asal perusahaan. Penelitian ini menggunakan teori proses internasionalisasi dan konsep kapitalisme negara untuk menganalisis data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif Miles dan Huberman yang meliputi tahap kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan tahapan internasionalisasi TikTok meliputi perluasan pasar domestik, lalu adanya dorongan internal dan eksternal untuk melakukan internasionalisasi, selanjutnya perusahaan merasa layak untuk melakukan ekspansi global dan memandang ekspansi dengan baik sehingga internasionalisasi telah menjadi aktivitas penting bagi TikTok. Ekspansi pasar TikTok juga mendapat dukungan dari peran negara dari segi ekonomi maupun politik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 322 Hubungan negara dengan kelompok terorganisir dan anggotanya
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 337 Ekonomi internasional
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2308269964 . Digilib
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:40
Terakhir diubah: 11 Sep 2023 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75528

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir