APLIKASI BEBERAPA JENIS BIOCHAR DAN PUPUK P TERHADAP KEMAMPUAN TANAH MENAHAN AIR PADA LAHAN PERTANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata)

FANANDA, MIA. S. (2023) APLIKASI BEBERAPA JENIS BIOCHAR DAN PUPUK P TERHADAP KEMAMPUAN TANAH MENAHAN AIR PADA LAHAN PERTANAMAN JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1237Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1191Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi beberapa jenis biochar dan pupuk P terhadap kemampuan tanah menahan air serta mengetahui interaksi antara berbagai jenis biochar dan pemupukan p berpengaruh pada pertanaman jagung manis. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 8 perlakuan dan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu pemberian B0 (biochar dengan tanpa perlakuan), B1 (biochar sekam padi 10 ton ha-1), B2 (biochar tongkol jagung 10 ton ha-1), B3 (biochar batang singkong 10 ton ha-1),faktor kedua perlakuan P0 (pupuk dengan tanpa pupuk TSP) dan P1 (pemberian pupuk TSP 335 kg ha-1). Data sifat fisik tanah yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan grafik sedangkan data tanaman dihitung menggunakan uji BNT taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan tanah menahan air, bulk density, dan porositas tanah pada pengaplikasian biochar sekam padi, tongkol jagung dan batang singkong dengan dosis 10 ton ha-1 lebih baik dibandingkan tanpa perlakuan biochar, sedangkan pemberian pupuk P tidak berpengaruh terhadap sifat fisik tanah namun berpengaruh nyata dalam meningkatkan produksi tanaman. Kata kunci : biochar, kemampuan tanah menahan air, pupuk P, jagung manis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2308285065 . Digilib
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:05
Terakhir diubah: 14 Sep 2023 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75592

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir