KETERSEDIAAN UNSUR HARA MIKRO DAN PRODUKSI TANAMAN PADI SETELAH PEMBERIAN PUPUK HAYATI CAIR DAN PUPUK KIMIA PADA LAHAN PADI SAWAH DI TRIMURJO, LAMPUNG TENGAH

Bayu , Putra Tri Atmojo (2023) KETERSEDIAAN UNSUR HARA MIKRO DAN PRODUKSI TANAMAN PADI SETELAH PEMBERIAN PUPUK HAYATI CAIR DAN PUPUK KIMIA PADA LAHAN PADI SAWAH DI TRIMURJO, LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (145Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1315Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1210Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penurunan produksi padi saat ini disebabkan karena pemupukan yang tidak seimbang sehingga dapat menurunkan kesuburan tanah. Oleh karena itu dilakukan penambahan pupuk hayati sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kesuburan tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi pupuk hayati cair terhadap ketersediaan unsur hara mikro pada tanah sawah, pertumbuhan dan produksi tanaman padi, serta pengaruhnya dalam menekan penggunaan pupuk kimia pada tanah sawah. Penelitian dilakukan di Desa Pujoasri, Trimurjo, Lampung Tengah. Analisis tanah dan tanaman dilakukan di Laboratorium Cogen PT. Great Giant Pineapple, Lampung Tengah, pada Oktober 2020 - Maret 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan yaitu P0 (Pupuk kimia 100%), P1 (pupuk kimia 100% + pupuk hayati cair 100%), P2 (pupuk kimia 75% + pupuk hayati cair 100%), P3 (pupuk kimia 50% + pupuk hayati cair 100%) dengan 3 ulangan. Data dianalisis menggunakan analisis ragam dan uji duncan taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk hayati cair dan pupuk kimia belum berpengaruh nyata terhadap ketersediaan unsur hara Fe, Mn, dan Zn dalam tanah. Selanjutnya, pemberian pupuk hayati cair memiliki pengaruh nyata dibandingkan dengan pupuk kimia pada aspek kesuburan tanah berupa pH tanah pada 100 HST (5,20-5,65) serta C-organik tanah pada 50 HST dan 100 HST (0,41-1,48). Sedangkan untuk parameter pertumbuhan dan produksi tanaman padi didapatkan hasil yang tidak berpengaruh nyata terhadap aplikasi pupuk hayati cair dan pupuk kimia. Sehingga dalam penelitian ini pupuk hayati belum memberikan pengaruh yang signifikan dalam menekan penggunaan pupuk kimia. Kata Kunci: Unsur Hara Mikro, Pupuk Kimia, Pupuk Hayati, dan Padi .

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2301611015 . Digilib
Date Deposited: 14 Sep 2023 06:18
Terakhir diubah: 14 Sep 2023 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75608

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir