IMPLEMENTASI AKAD QARDHUL HASAN PADA PROGRAM BANTUAN MODAL USAHA BERGULIR UNTUK USAHA KECIL MENENGAH (Studi di BAZNAS Kota Bandar Lampung)

FAIZAL, AKBAR (2023) IMPLEMENTASI AKAD QARDHUL HASAN PADA PROGRAM BANTUAN MODAL USAHA BERGULIR UNTUK USAHA KECIL MENENGAH (Studi di BAZNAS Kota Bandar Lampung). Fakultas Hukum, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (240Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1871Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1874Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari akad Qardhul Hasan pada program bantuan modal usaha Bergulir Untuk UKM yang dilakukan oleh BAZNAS Bandarlampung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya program bntuan modal usaha bergulir yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Bandar Lampung dengan pelaksanaan programnya menggunakan bentuk akad Qardhul Hasan. Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan satu permasalahan yakni Implementasi dari akad Qardhul Hasan pada program bntuan modall usaha Bergulir untuk UKM di BAZNAS Kota Bandar Lampung. Pendekatan Masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya data primer dan data sekunder. Ruang Linkup penelitian ini ialah Program bantuan modal usaha Bergulir untuk UKM yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Bandar Lampung. Hasil dalam penelitian yang dilakukan adalah bahwa pelaksanaan akad Qadhul Hasan sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 278-279, Pasal 1320 KUH Perdata, dan Fatwa DSN-MUI No 19/DSN-MUI/IV/2001 tentang Qardh. Akan tetapi dalam pelaksanaanya perlu adanya beberapa hal yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan akad ini, dapat menerapkan suatu jaminan kepada penerima dana, dapat membuat perjanjian tertulis antara pihak BAZNAS Kota Bandar Lampung dengan Penerima dana Bantuan Modal Usaha. Kata Kunci : Qardhul Hasan, Pembiayaan, Implementasi, BAZNAS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 346 Hukum privat, hukum perdata
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2301519599 . Digilib
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:36
Terakhir diubah: 14 Sep 2023 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75625

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir