RANCANG BANGUN SISTEM PEMINJAMAN COWORKING SPACE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN MERN STACK TECHNOLOGY PADA GEDUNG LEMBAGA KEMAHASISWAAN FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Yovanta, Anjelina (2023) RANCANG BANGUN SISTEM PEMINJAMAN COWORKING SPACE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN MERN STACK TECHNOLOGY PADA GEDUNG LEMBAGA KEMAHASISWAAN FISIP UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (9Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3632Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Coworking Space Gedung Lembaga Kemahasiswaan FISIP Universitas Lampung merupakan fasilitas yang menyediakan tempat bagi civitas akademik untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja, berdiskusi dan berkumpul dalam satu lokasi. Fasilitas yang tersedia mencakup ruang rapat, tempat duduk, dan tempat penyimpanan. Saat ini, proses peminjaman ruangan masih dilakukan secara manual dengan melakukan pengecekan ketersediaan ruangan secara langsung dan mencatat data peminjaman. Proses tersebut dapat berpotensi adanya duplikasi data dan jadwal peminjaman yang tumpang tindih. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem peminjaman coworking space dalam memudahkan pengguna mengecek ketersediaan ruangan dan peminjaman ruangan, serta memudahkan admin dalam mengelola data peminjaman ruangan secara digital. Pengembangan sistem ini menggunakan metode pengembangan Personal Extreme Programming (PXP) yang dilakukan sebanyak 3 kali iterasi berdurasi waktu 60 hari dan menghasilkan 3 sistem yaitu backend server, web admin dan web customer. Sistem ini dibangun menggunakan teknologi MERN Stack yang terdiri dari MongoDB, ExpressJS, ReactJS dan NodeJS, sehingga pembangunan sistem menjadi lebih mudah dan interaktif. Sistem ini diuji menggunakan metode Black-box testing pada 15 fitur dengan 57 kasus uji, dan didapatkan hasil yang sesuai dengan output yang diinginkan. Kemudian hasil pengujian dari User Experience Questionnaire (UEQ) yang melibatkan 20 responden menyatakan bahwa dari 5 kategori yaitu attractiveness, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty mendapatkan nilai above average atau diatas rata-rata dan kategori efficiency mendapatkan nilai good atau baik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Informatika
Pengguna Deposit: 2301732789 . Digilib
Date Deposited: 16 Sep 2023 03:49
Terakhir diubah: 16 Sep 2023 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75638

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir