PENGARUH APLIKASI CAMPURAN PUPUK KIMIA DAN HAYATI TERHADAP POPULASI DAN KEANEKARAGAMAN ZOOPLANKTON DALAM AIR GENANGAN PADI SAWAH (Oryza sativa L.)

Asha Ananda , Arza (2023) PENGARUH APLIKASI CAMPURAN PUPUK KIMIA DAN HAYATI TERHADAP POPULASI DAN KEANEKARAGAMAN ZOOPLANKTON DALAM AIR GENANGAN PADI SAWAH (Oryza sativa L.). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2452Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2139Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penggunaan pupuk anorganik dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan tanah, pencemaran lingkungan dan mempengaruhi ekosistem organisme air pada genangan air sawah. Organisme air memiliki peran dalam siklus unsur hara air genangan padi sawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa pemberian kombinasi pupuk kimia dan pupuk hayati cair dapat meningkatkan populasi dan keanekaragaman zooplankton serta kesuburan tanah dibandingkan dengan hanya pemberian pupuk kimia (kontrol). Penelitian ini dilakukan di lahan sawah Desa Pujoasri, Trimurjo, Lampung Tengah. Analisis sampel genangan air dilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung, analisis tanah dilakukan di Laboratorium Cogen PT. Great Giant Pineapple, Lampung Tengah, pada bulan Oktober 2020 - Maret 2021. Penelitian disusun dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK), terdiri dari 4 perlakuan yaitu P1 (Pupuk kimia 100%), P2 (pupuk kimia 100% + pupuk hayati cair 100%), P3 (pupuk kimia 75% + pupuk hayati cair 100%), P4 (pupuk kimia 50% + pupuk hayati cair 100%) dan masingmasing perlakuan diambil sampel genangan air 60 HST, 70 HST, 80 HST, 90 HST, 100 HST dan tanah pada 50 HST dan 100 HST secara diagonal sebanyak 3 titik (genangan air) dan 5 titik (tanah). Data dilakukan uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%, Box Plot, SPSS 26 dan Minitab 19. Untuk menghitung keanekaragaman digunakan Indeks Shannon-Wiener. Hasil menunjukkan bahwa populasi dan keanekaragaman zooplankton menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada perlakuan P4, zooplankton dominan di semua plot yaitu Cladocera, Podocopida, Cyclopoida, Gerris sp., Epitcheca stella/sepia dan Milipede. C-organik menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada perlakuan P1 dan P-tersedia menunjukkan hasil yang lebih tinggi pada perlakuan P4. Kata kunci: padi, pupuk hayati, pupuk kimia, zooplankton

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Tanah
Pengguna Deposit: 2301976025 . Digilib
Date Deposited: 16 Sep 2023 02:27
Terakhir diubah: 16 Sep 2023 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75659

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir