STRUKTUR KOMUNITAS ECHINODERMATA PADA EKOSISTEM LAMUN DI PULAU MAHITAM DAN PANTAI KETAPANG, KABUPATEN PESAWARAN, LAMPUNG

MUHAMMAD FADHIL, PRIYAMBODO (2023) STRUKTUR KOMUNITAS ECHINODERMATA PADA EKOSISTEM LAMUN DI PULAU MAHITAM DAN PANTAI KETAPANG, KABUPATEN PESAWARAN, LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2742Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2625Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ekosistem lamun menjadi tempat tinggal dan tempat mencari makan bagi beberapa spesies echinodermata, sebaliknya echinodermata adalah pendaur ulang nutrien yang pada akhirnya akan bermanfaat bagi ekosistem padang lamun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur komunitas echinodermata dan lamun serta hubungan antara kelimpahan echinodermata, kerapatan lamun, dan kualitas perairan di Pulau Mahitam dan Pantai Ketapang. Pengamatan meliputi jenis dan jumlah individu echinodermata, jenis, jumlah individu, dan jumlah tegakan lamun. Kualitas perairan yang diamati adalah suhu, salinitas, pH, DO (dissolved oxygen), kecepatan arus, kecerahan, dan BOT (bahan organik terlarut) serta diamati tipe substrat di kedua lokasi. Sembilan spesies echinodermata dan 4 spesies lamun ditemukan di kedua lokasi penelitian. Nilai rata-rata indeks keanekaragaman echinodermata di Pulau Mahitam dan Pantai Ketapang tergolong rendah. Nilai ratarata indeks keseragaman echinodermata di Pulau Mahitam tergolong sedang dan Pantai Ketapang tergolong rendah. Nilai indeks dominansi echinodermata di Pulau Mahitam tergolong rendah dan Pantai Ketapang tergolong tinggi. Terdapat dominansi suatu spesies echinodermata di beberapa stasiun. Hubungan antara kelimpahan echinodermata, kerapatan lamun, dan kualitas perairan di kedua lokasi menunjukkan hubungan positif serta dipengaruhi oleh parameter kualitas perairan perairan, yaitu suhu dan bahan BOT (bahan organik terlarut). Kata kunci: Echinodermata, lamun, keanekaragaman, keseragaman, dominansi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Kelautan
Pengguna Deposit: 2301778126 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:48
Terakhir diubah: 19 Sep 2023 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75684

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir