STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Tasya , Ananda (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] File PDF
ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (21Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2257Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1894Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan strategi pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Data pada penelitian ini dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan kemudian menguji keabsahan data. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dan pembahasan, penelitian ini menunjukan bahwa tahapan pembelajaran yang dilaksanakan pada ekstrakulikuler paduan suara di SMA Negeri 2 Bandar Lampung terdiri dari 3 pokok kegiatan yakni pembukaan, inti, dan penilaian pembelajaran. Pada tahap pembukaan kegiatan yang dilakukan adalah pengecekan kehadiran, apersepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Pada tahap inti kegiatan yang dilakukan adalah praktek dalam kelompok suara bersama dan pemberian umpan balik. Pada tahap penilaian kegiatan yang dilakukan adalah menentukan jenis suara dan penilaian non-tes. Ekstrakulikuler paduan suara di SMA Negeri 2 Bandar Lampung melaksanakan strategi pembelajaran berupa strategi pembelajaran tak langsung (inkuiri) dan strategi pembelajaran mandiri. Kata kunci : Ekstrakurikuler, Paduan suara, Strategi pembelajaran. This study aims to determine the stages of extracurricular choir learning at SMA Negeri 2 Bandar Lampung and to determine the extracurricular choir learning strategy at SMA Negeri 2 Bandar Lampung. The data analysis process in this study was performed by reducing the data, presenting it, drawing conclusions, and testing the validity of the data. Data for this study were obtained through data collection techniques such as interviews, observations, and documentation. Meanwhile, the results of this study show that the learning stages practiced in extracurricular choirs at SMA Negeri 2 Bandar Lampung are divided into 3 main activities, namely opening, core, and learning assessment. In the opening stage the activities carried out are checking attendance, apperception, and conveying learning objectives. In the core stage the activities carried out are practice in voice groups together and giving feedback. In the assessment stage, the activities carried out are determining the type of voice and non-test assessment. Choir extracurricular activities at SMA Negeri 2 Bandar Lampung implement learning strategies in the form of indirect learning strategies (inquiry) and independent learning strategies. Keywords: Choir, Extracurricular, Learning strategy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2301356739 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:22
Terakhir diubah: 19 Sep 2023 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75702

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir