PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MASALAH LIMBAH CAIR PEMBERSIH LANTAI

MELIANA, 1713023020 (2023) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS MASALAH LIMBAH CAIR PEMBERSIH LANTAI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis masalah limbah cair pembersih lantai, mendeskripsikan karakteristik, validitas dan tangga- pan guru dan siswa terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan mengikuti langkah-langkah model 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap ketiga dari empat tahapan, yaitu define, design, dan develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara guru, angket analisis peserta didik, angket validasi ahli dan angket tanggapan guru. Sumber data pada tahap define adalah peserta didik kelas XI IPA dari tiga sekolah berbeda dan tiga guru dari tiga sekolah berbeda. Sumber data pada tahap develop adalah peserta didik kelas XI IPA dari tiga sekolah berbeda, empat guru dari tiga sekolah berbeda, dan tiga validator ahli. Data diperoleh dari validator, guru, dan peserta didik yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik e-LKPD yang dikembangkan mengikuti alur pembelajaran berbasis masalah menurut Arend (2008), yaitu dimulai dengan orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Tahapan pembelajaran pada e- LKPD berorientasi pada keterampilan pemecahan masalah siswa yang dilatih menggunakan pembelajaran berbasis masalah limbah cair pembersih lantai. Hasil validasi dan tanggapan guru pada aspek isi, aspek konstruksi, dan aspek kemenarikan memiliki kategori sangat tinggi. Dengan demikian, e-LKPD pembelajaran berbasis masalah limbah cair pembersih lantai yang dikembangkan dapat dikatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : e-LKPD, problem based learning, limbah cair pembersih lantai

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 2301666017 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:25
Terakhir diubah: 19 Sep 2023 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75704

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir